Poster

POSTER 

DEFINISI
  Informasi yang ditulis dalam media tertentu (papan atau kertas) poster bersifat persuasif (memengaruhi) terhadap pembaca sehingga pembaca menjadi yakin untuk melakukan maksud poster tersebut.
  Karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar danhuruf di atas kertas berukuran besar yang berisi pesan – pesan atau informasi.

SIFAT 
  Mencari perhatian mata sekuat mungkin. Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal.

TUJUAN 
  Menginformasikan kepada pembaca tentang sebuah informasi yang dikemas dengan kata-kata lebih singkat, padat, jelas dan menarik. Manfaat poster adalah agar para pembaca lebih mengerti apa yang ingin di ungkapkan sang penulis poster dengan menggunakan kata-kata yang lebih singkat dan sederhana.

Jenis-Jenis Poster
Berdasarkan isi :
1. POSTER NIAGA
Poster yang dibuat untuk media komunikasi dalam urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang, atau jasa.

2. POSTER KEGIATAN
Poster yang berisi suatu kegiatan, seperti kegiatan jalan sehat, senam, dll.

3. POSTER PENDIDIKAN
Poster yang bertujuan untuk mendidik.

4. POSTER LAYANAN MASYARAKAT
Poster untuk pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.


Berdasarkan tujuan :

1. POSTER PROPAGANDA
Poster yang memilik tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

2. POSTER KAMPANYE
Poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat dilakukannya pemilihan umum.

3. POSTER 'DICARI' ATAU "WANTED“
Poster yang bertujuan yang memuat orang hilang atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja.

4. POSTER "CHEESCAKE“
Poster yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, seperti bintang rock, artis, penyanyi, dll.

5. POSTER FILM
Poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu film yang diproduksi dalam industri perfilman.

6. POSTER KOMIK
Poster yang digunakan untuk mempopulerkan buku-buku komik.

7. POSTER AFIRMASI
Poster untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang kepemimpinan, dll.

8. POSTER RISET
Poster untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut dalam mengapresiasikan kegiatan tersebut.

9. POSTER KELAS
Poster yang berada didalam kelas pelajar yang bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.

10. POSTER KOMERSIAL
Poster yang hampir sama dengan poster niaga yaitu yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu.

Ciri-ciri sebuah poster

1. Desain grafisnya memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
2. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding, tempat-tempat umum atau permukaan datar
3. lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.
4. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
5. Bahasa singkat dan jelas.
6. Teks sebaiknya disertai gambar.
7. Dapat dibaca sambil lalu.

Syarat poster

1. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
2. Kalimatnya singkat, padat, jelas dan berisi
3. Dikombinasikan juga dalam bentuk gambar
4. Menarik minat untuk dilihat
5. Bahan yang digunakan bagus, tidak mudak rusak, sobek.
6. Ukuran disesuaikan dengan tempat pemasangan dan target pembaca.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster 

1. Gambar dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak disampaikan.
2. Kata-kata efektif, sugestif, dan mudah diingat.
3. Tulisan dibuat besar-besar dan mudah dibaca.
4. Poster dipasang di tempat yang strategis.

Kriteria sebuah poster

1. Tulisan didalam poster harus jelas dan terbaca
2. Kombinasi gambar dan tulisan tidak berlebihan
3. Jangan egois dan hanya mengikuti selera kita
4. Kombinasi warna yang tepat

Prinsip desain poster
1. Keseimbangan/ balencing
2. Alur baca/ movement
3. Penekanan/ emphasis
4. Kesatuan/ unity
5. Kesan/ specific appeal

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT POSTER 
1. Menentukan topik dan tujuan yang diposterkan
2. Merumuskan pesan atau amanat yang akan disampaikan
3. Merumuskan kalimat yang singkat, menarik, padat, dan jelas sehingga apabila dibaca orang mudah dimengerti.
4. Menggunakan kalimat yang persuasif, bersifat membujuk, dan mewakili daya sugesti sehingga mudah memengaruhi banyak orang.
5. Menggunakan gambar pendukung tema dengan warna-warna tampilan yang menarik dan sesuai komposisinya.
6. Menggunakan media yang tepat, misalnya kain rentang, papan yang luas, seng, atau lain-lain.



Comments

Popular Posts